Ringkasan Materi Vlog

Apa itu VLOG ?

Selain Blogger yang lebih pada cerita dalam bentuk tulisan, sekarang ini mulai ngetrend ada istilah VLOG, apa itu ? Vlog ini merupakan sebuah video dokumentasi jurnalistik yang berada di dalam blog melalui chanel youtube yang mengisahkan tentang hidup, pikiran, opini, hobi atau ketertarikan kita pada sesuatu hal.
Video-Blogging atau disingkat Vlogging atau Vlog saat ini sedang sangat digandrungi, sehingga banyak bangat orang yang tertarik untuk belajar bagaimana cara membuatnya, dan yang terjangkit virus vlog ini tidak hanya melanda orang dewasa saja, namun Vlog juga sangat digendrungi oleh anak-anak juga.
indootenagers
Team Indoteenagers sedang memberikan materi vlog yang merarik dan menyenangkan 

Sejarah vlog

Biar tidak cupu, kita juga perlu tahu sejarah vlog, yang  menurut Wikipedia, Bermula pada 2 Januari 2000, Adam Kontras membuat video yang disertakan dengan blog yang bertujuan untuk menginformasikan teman-teman dan keluarganya yang pindah antar negara ke Los Angeles dalam mengejar Show Business, dan ini merupakan video pertama dan terpanjang dalam sejarah video blog. Di tahun yang sama, di bulan Nopember, Adrian Miles membuat video yang berisi teks yang berupa gambar, dan menyebut videonya itu sebagai VLOG.

Apa yang harus dilakukan ?

Setelah tahu apa itu vlog dan tertarik untuk membuatnya lalu apa aja sih yang harus dilakukan ! Ketika akan membuat video itu terutama hal pokok adalah  menggali ide yang kreatif untuk membuat konsep atau tema dengan karakter yang unik tentang apa yang ingin dibuat untuk video kita. Untuk bisa menggali tema channel kita, kita mesti tahu dulu macam-macam video yang bisa kita pilih, antara lain:
  • Daily Life (Moto Vlog, School Days, Traveling, dll)
  • Song Cover
  • Comedy Sketch
  • Stuff Review (Food, Unboxing, Otomotive, dll)
  • Gaming
  • Tutorial
  • Story Telling Information (News, Product, Fact, dll)
  • Challenges
  • Social Experiment
1. Daily Vlog : Vlog yang dibuat darimkegiatan sehari hari dari pembuat blog dari bangun tidur sampai tidur kembali, dari berangkat kantor sampai balik kantor, dan makan apa juga direkam. Daily vlog ini dibuat setiap hari, umumnya itu yang buat selebrity yang sudah terkenal atau publik figure contoh Raditya dika, Vidi Aldiano dll.
Tema ini sebetulnya yang sangat mudah tidak perlu konsep apapun apalagi yang namanya skenario, tinggal kita rekam diri kita dengan kamera dan ceritakan apa yang sedang dilakukan.
2. Pranks : Vlogs yang sekarang lagi naik daun adalah pranks. Pranks ini sebetulnya bisa berisi topik saja yang terpenting adalah tetap menggunakan norma yang berlaku, jangan sampai video yang kita buat ini melanggar atau malah meresahkan yang menyebakan video kita dicekal dan account kita disuspend.
pranks
Syarini kw ngalay di transjakarta
Bukan bermaksud menakuti, namun untuk memacu agar kita bisa membuat ide kreatif dalam membuat vlog berkonten pranks ini. Buatlah video pranks yang belum dibuat oleh yang lain, ide original tidak nyontek ide orang lain dan buatlah orang menjadi tertawa terbahak bahak karena isi video tersebut.
3. Social Eksperiment : Vlog social eksperiment ini berisi tentang kehidupan sosial disekitar kita. Dijaman yang serba taktis dan individualis, kita kadang merasakan susahnya untuk berbuat baik atau peduli orang lain. Kadang ada yang peduli ternyata memang ada pamrih agar terpilih dalam pemilu. Kepeduliannya hanya untuk dipertontonkan, entah pedulinya sungguh sungguh atau cuma basa basi.
Zebra Cross (Social Experiment) - VectroID
Zebra Cross (Social Experiment) – VectroID
Melalui kontent ini kita bisa tahu reaksi orang secara langsung dan natural tanpa dibuat buat. Untuk membuat video ini tentunya  kita harus lakukan secara sembunyi sembunyi sehingga target yang kita tuju tidak menyadari ada kamera yang menyorot kejadian yang berlangsung.
Dari segala macam konten itu tinggal kita pilih untuk selanjutnya dipelajari, dan pastinya jenis video yang kita pilih dan dibuat sebaiknya disesuaikan dengan passion atau hobi kita, hal ini perlu dipahami, supaya ketika membuat video kitapun bisa melakukannya dengan senang hati dan tanpa ada beban.

Perlengkapan dan pengambilan gambar

Untuk membuat video sekedarnya terutama vlog daily sebetulnya hanya membutuhkan kamera yang bisa merekam adegan keseharian kita, namun jika ingin membuat vlog yang lebih keren dan menarik  yang nantinya bisa dilirik sponsor, tentunya kita memerlukan peralatan yang menunjang, seperti : Kamera, Audio recorder, Monopod, Handy talkie, Lighting, dan hidden Camera Bag ( tas untuk kamera tersembunyi).
Peralatan untuk membuat vlog
Peralatan untuk membuat vlog
Untuk pengambilan gambar bisa dilakukan dengan berbagai cara/tehnik, misalnya High angle (angle dari atas), Low Angle (angle dari bawah), Medium shot, Full shot, close up, dan Hidden cam. Dan tehmik pengambilan gambar ini, tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan video yang kita buat. Pengambilan gambar video agar bisa lebih fokus diusahakan bisa dikerjakan dalam satu hari, sehingga setelah selesai pengambilan gambar bisa dilakukan proses editing, dan untuk lebih menambah daya tarik tentunya harus diberikan efek efek sehingga gambar video terasa lebih hidup. Selalu bereksperiment dan mencoba editing baru  agar nantinya semakin terbiasa dalam menggunakan software editing
setelah video yang dibuat  siap diupload di channel youtube, maka jangan lupa untuk perhatikan youtube Thumbnail dan juga judul videonya.  Buatlah  semenarik mungkin, dengan memilih gambar sampul video dan judul yang menarik sehingga memancing orang untuk mengklik video kita, hal ini dilakukan supaya bisa mempercepat naiknya jumlah viewers video yang kita buat.
Proses perencanaan, pembuatan dan editing serta upload ke channel youtube sudah kita lakukan, yang tidak boleh kita lupakan tentunya proses promosi. Karena percuma sudah buat video bagus, channel yang keren tapi tidak ada pengunjungnya. Promosi channel bisa kita lakukan melalui media social yang kita punya dan sangat penting juga mempunya logo channell kita. Semakin banyak pengunjung yang nge like video kita, tunggu saja sponsor akan datang menghampiri.

Komentar

  1. Did you know there is a 12 word sentence you can speak to your man... that will trigger intense emotions of love and impulsive attractiveness to you buried within his chest?

    That's because deep inside these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, admire and protect you with all his heart...

    12 Words Will Trigger A Man's Love Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's genetics that it will make him work harder than before to take care of you.

    In fact, fueling this mighty instinct is absolutely mandatory to achieving the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You will immediately find him open his heart and mind to you in a way he's never expressed before and he'll distinguish you as the only woman in the world who has ever truly interested him.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

soal simulasi digital beserta jawaban

Soal dan jawaban essay UKK Simulasi Digital